Analysis Of The Intensity Of Gadget Use By Class Xi Culianry Students In Pastry And Bakery Subjects At Smkn 9 Padang

Bunga Melati Armel(1), Juliana Siregar(2*), Asmar Yulastri(3), Cici Andriani(4),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

This research is motivated by the emergence of positive and negative impacts in the use of gadgets in the learning process. Apart from the positive impact, the use of gadgets in the learning process has a negative impact, namely disrupting concentration when studying, students being more individual or closed, preferring to be alone with gadgets, which can reduce their ability to socialize in the school environment. This research aims to describe the intensity of gadget use and the learning outcomes of class XI Culinary students in pastry and bakery subjects. This research method is a quantitative correlational approach. The population in this study was class XI Culinary students with a total of 134 students. The research sample consisted of 57 people with the sampling technique being simple random sampling. The data collection technique was carried out using a questionnaire using a Likert scale which has been tested for validation and reliability. Data analysis uses descriptive analysis and correlational analysis.


Keywords

Intensity of gadget use, pastry and bakery.

References

Agus, Dwi Kurniawan. (2020). “Hubungan Penggunaan Smartphone dengan Aktivitas Jasmani Siswa Kelas IV dan V Sekolah Dasar Negeri Kyai Mojo Kecamatan Jetis Kota Yogyakarta.” Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Ahmad, Wallid. (2019). “Penggaruh Penggunaan Gadget Terhadap Karakter Siswa di SMP 01 Campalagian Negeri Makasar Polewali Mandar.” Skripsi. Makasar: Universitas Negeri Makasar.

Annisa, Ayuning Mulyani. (2022). “Hubungan Penggunaan Gadget terhadap Perubahan Perilaku Pada Remaja Awal di RW.13 Kelurahan Harapan Jaya Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor.” Skripsi. Jakarta: Universitas Binawan.

Annisah, Nahdah Indrawan. (2020). “Penggaruh Intensitas Penggunaan Smartphone terhadap Sikap Mahasiswa KIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Dalam Mengakses Materi Perkuliahan.” Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Syarif Hidayatullah.

Erlizah. (2022). “Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Prestasi Belajar Bagi Mahasiswa Semester III Prodi PAI Jurusan Tarbiyah Fakultas Tarbiyah dan Tdris UIN FAS Bengkulu.” Skripsi. Bengkulu: Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu Tahun 2022.

Esta Prabawati. (2021). “Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget (smartphone) dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SD Negeri 3 Jatimulyo Tahun Ajaran 2020/2021.” Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Dalillah. (2019). “Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial Siswa di SMA Darussalam Ciputat.” Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri.

Dewi, Fatimatuzzahrok (2020). “Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Perilaku Sosial Siswa Kelas V MI Mamba ̓ ul Huda Ngabar Siman Ponorogo.” Skripsi. Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Fauzia Farida (2020). “Pengaruh Disiplin Belajar dan Intensitas Penggunaan gadget terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kembangbahu-Lamongan.” Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Hartina (2019). “Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Belajar Siswa di SD Negeri 2 Kendiri.” Skripsi. Kendiri: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendiri.

Fitria Intan (2019). “Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Gadget dengan Prestasi Belajar Siswa MAN 1 Bengkalis.” Skripsi. Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Jessica, Citra Jutersfan Wau (2019). “Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Anak di SD Swasta Assisi Medan Melayang Tahun 2019.” Skripsi. Medan: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santa Elisabeth Medan.

Mahni. (2020). “Dampak Gadget Terhadap Perilaku Sosial.” Skripsi. Mataram: Universitas Islam Negeri (UIN).

Mella. Fitria Hanita (2023) “Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial Siswa di SMP Negeri 7 Muaro Jambi.” Skripsi. Jambi: Universitas Jambi.

Nelli. (2019). “Dampak Penggunaan Gadget terhadap Tingkah Laku Siswa Kelas VI SDN 1 Lalebbata Kota Palopo.” Skripsi. Palopo: Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Nur, Inayati Saiful (2016). “Teknologi dan Perilaku Sosial Pelajar (Studi tentang Dampak Penggunaan Smartphone di SMA Negeri 3 Makasar).” Skripsi. Makasar: Universitas Negeri Makasar.

Putri, Indah Sari. (2022). “Hubungan Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun.” Skripsi. Lampung: Universitas Lampung.

Putri, Pratiwi Indraswari (2019). “Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Belajar Pada Siswa SMA Rama Sejahtera Kecamatan Panakkukang Kota Makasar.” Skripsi. Makasar: Universitas Muhammadiyah Makasar.

Shinta, Meliasari. (2021). “Analisis Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perilaku peserta Didik Kelas V di SDN 03 Penumangan Baru Tulang Bawang Barat.” Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Supandi, Ade Mukhlis (2020). “Pengaruh Intensitas Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Peran Kontrol Orang Tua Sebagai Moderator.” Skripsi. Malang: Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Wahyu, Istiqomah. (2019). “Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS Kelas V SD Negeri Gugus Drupadi Kecamatan Gunungpati Semarang.” Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang


Full Text: ; PDF

DOI: 10.24036/jptbt.v5i1.11599
10.24036/jptbt.v5i1.11599

Article Metrics

Abstract View : 74 times
; PDF : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Bunga Melati Armel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.