Acceptance Of Tila Fish Nuggets With The Addition Of Sword Koro Bean Flour (Canavalia ensiformis) Nuniro

Indah Badriyah(1), Ellis Endang Nikmawati(2*), Tati Setiawati(3),

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya konsumsi ikan di salah satu kota Jawa Barat dengan berpotensi besar ikan nila dibawah rata-rata nasional yang sejalan dengan tingginya potensi tepung kacang koro pedang yang dihasilkan mengandung kaya protein dan dijadikan Protein Rich Flour serta berpeluang sebagai bahan penambah serta pengganti tepung terigu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya terima produk nugget ikan nila dengan penambahan tepung kacang koro pedang. Penelitian ini menggunakan metode true eksperimental dengan melalui tahap analisis resep, pengembangan produk dan Uji QDA (Quantitative Descriptive Analysis) kepada 3 panelis ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa formulasi yang diterima oleh panelis ahli yaitu sampel NIN 30 dengan perbandingan 500 g fillet ikan nila, 140 g roti tawar dan 60 g tepung kacang koro pedang. Karakteristik nugget ikan nila dengan penambahan tepung kacang koro pedang memiliki citarasa gurih, warna kuning kepucatan, tekstur lembut, kenyal, dan kokoh, aroma khas dari ikan nila, dan bentuk yang rapih. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan daya terima nugget ikan nila dengan penambahan tepung kacang koro pedang dengan perbandingan 30:70 menjadi formulasi paling diterima dan disukai. Penelitian ini menghasilkan nugget ikan nila tepung kacang koro pedang yang berdampak untuk peningkatan protein oleh konsumen, untuk penelitian selanjutnya diharapkan bisa meneliti kandungan gizi nugget ikan nila dengan penambahan tepung kacang koro pedang.

Keywords

Tila fish nuggets, Protein, Sword koro bean flour

References

Giovedy, v. S., lasmanawati, e., & setiawati, t. (2019). Pengetahuan ibu rumah tangga tentang ikan di desa banyusari. Media pendidikan, gizi, dan kuliner, 9(1).

Miftahul, s., juwaedah, a., & nurani, a. S. (2019). Daya terima wajit nangka sebagai varian wajit khas cililin bandung barat. Media pendidikan, gizi, dan kuliner, 8(2).

Rosmayanti, h., yogha, s., & mahmudatussadah, a. Penerimaan mochi nasi kencur isi es krim kunyit asam. Media pendidikan, gizi, dan kuliner , 12 (2), 79-86.

Apipaturohmah, p., rahmawati, y., & subekti, s. Substitusi tepung labu kuning (cucurbita moschata) dalam pembuatan mille crepes. Media pendidikan, gizi, dan kuliner, 13(1), 17-26.

Maghribi, b.a., subekti, s., & yulia, c. Daya terima tuile keju renyah dengan bahan utama tepung tepung ganja dan tepung kacang hijau. Media pendidikan, gizi, dan kuliner, 11(2).

Arinta dwi hermawati, - (2018) inovasi produk nugget ikan dengan menggunakan bahan tambahan ubi jalar ungu. S1 thesis, universitas pendidikan indonesia

Roza, m. (2022). Pengaruh perbandingan tepung kacang koro pedang (canavalia ensiformis) dengan tepung tapioka terhadap karakteristik nugget ikan gabus (channa striata) (doctoral dissertation, fakultas teknik unpas).

Triadhi, k. M. (2018). Studi pembuatan nugget ikan gluten free dari tepung ubi jalar oranye (ipomoea batatas l.) (doctoral dissertation, jurusan gizi).


Full Text: ; PDF

DOI: 10.24036/jptbt.v5i3.16890
10.24036/jptbt.v5i3.16890

Article Metrics

Abstract View : 64 times
; PDF : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Indah Badriyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.