The Role Of Social Media In Supporting Self Regulated Learning In Culinary Arts Education
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Di era digital saat ini, media sosial tidak lagi hanya digunakan untuk berbagi aktivitas sehari-hari atau hiburan semata. Bagi mahasiswa, terutama di bidang tata boga, media sosial mulai dimanfaatkan sebagai sumber belajar yang mudah diakses, menarik, dan mendukung pembelajaran yang fleksibel. Artikel ini mengulas berbagai literatur yang meneliti bagaimana penggunaan media sosial dapat mendorong tumbuhnya kemandirian belajar mahasiswa tata boga. Melalui pendekatan literatur review terhadap artikel ilmiah dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, ditemukan bahwa media sosial—seperti YouTube, Instagram, dan TikTok—mampu menyediakan materi visual, langkah-langkah praktis, serta ruang interaksi yang memperkuat keterampilan dan motivasi belajar secara mandiri. Meskipun begitu, tantangan tetap ada, seperti risiko informasi tidak valid dan distraksi dari konten lain. Oleh karena itu, media sosial perlu dimanfaatkan secara terarah agar benar-benar menjadi pendukung pembelajaran mandiri yang efektif.
Keywords
References
Arsyad, Muhammad, Mujahiddin, And Abdul Wahab Syakhrani. 2024. “The Efficiency Of Using Visual Learning Media In Improving The Understanding Of Science Concepts In Elementary School Students.” Indonesian Journal Of Education (Injoe) 4(3):775–87.
Van Den Beemt, Antoine, Marieke Thurlings, And Myrthe Willems. 2020. “Towards An Understanding Of Social Media Use In The Classroom: A Literature Review.” Technology, Pedagogy And Education 29(1):35–55. Doi:10.1080/1475939x.2019.1695657.
Dabbagh, Nada, And Anastasia Kitsantas. 2012. “Personal Learning Environments, Social Media, And Self-Regulated Learning: A Natural Formula For Connecting Formal And Informal Learning.” Internet And Higher Education 15(1):3–8. Doi:10.1016/J.Iheduc.2011.06.002.
Ediyani, Muhammad, Ulfi Hayati, Salwa Salwa, Samsul Samsul, Nursiah Nursiah, And M. Bahriza Fauzi. 2020. “Study On Development Of Learning Media.” Budapest International Research And Critics Institute (Birci-Journal): Humanities And Social Sciences 3(2):1336–42. Doi:10.33258/Birci.V3i2.989.
Hakim, Abdul, And Sri Wahyuni. 2024. “A Critical Review: Technology As Learning Media In Teaching Reading.” J-Shmic : Journal Of English For Academic 11(1):77–83.
Imelda Pea, Juliana, Sri Nurul Walidain, And Syarif Fitriyanto. 2021. “Media Pembelajaran Fisika Berbasis Tik Tok Untuk Membantu Pemecahan Masalah Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik.” Jurnal Riset Kajian Teknologi & Lingkungan 4(1):262–67.
Kistofer, Terdy, Ginanjar Setyo Permadi, And Tanhela Zein Vitadiar. 2019. Development Of Digital System Learning Media Using Digital Learning System.
Perdana, Yulius Wahyu, Martinus Tukir Handoko, And Praharesti Eriany. 2024. “Tinjauan Literatur: Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dan Efikasi Diri Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa.” Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni 2(2):45–51.
Putri, Ira. 2022. Youtube Videos As Learning Media: A Review In Efl Contexts.
Silviawati, Indah, And Riza Yonisa Kurniawan. 2023. Pengaruh Kemandirian Belajar, Lingkungan Keluarga, Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar: Systematic Literature Review. Vol. 6.
Winanti, Meyliana, Ford Lumban Gaol, Harjanto Prabowo, And Francisca Sestri Goestjahjanti. 2020. “Exploration Of Key Success Factors For Determining Technological Component In Learning At Culinary Community: A Systematic Literature Review.” Ieee International Conference On Engineering, Technology And Education (Tale).
Winanti, Winanti, Erick Fernando, Nurasiah Nurasiah, Sucipto Basuki, Shofwatun Hasna, And Riyanto Riyanto. 2024. “The Current Trend Of Culinary Learning From Basically And Self-Taught With Social Media.” Journal Of Applied Research In Computer Science And Information Systems 2(1):100–106. Doi:10.61098/Jarcis.V2i1.120.
DOI: 10.24036/jptbt.v6i2.26876
Article Metrics
Abstract View : 12 times; PDF : 7 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ade Irferamuna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.