Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Restoran Kopi Bana X Fallen Kitchen Di Kota Buktinggi

Krisna Dipangga(1), Rian Surenda(2*),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian konsumen Restoran Kopi Bana X Fallen Kitchen. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode assosiatif kausal yang melibatkan dua variabel yaitu (1) variabel marketing mix terdiri dari indikator: produk (product), harga (price), promosi (promotion), dan tempat (place) (2) variabel keputusan pembelian terdiri dari indikator: pengenalan masalah, pencarian informasi, penilaian alternatif, keputusan membeli, dan perilaku sesudah membeli. Sampel yang digunakan adalah konsumen yang pernah berbelanja di Restoran Kopi Bana X Fallen Kitchen. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 98 orang responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui komunikasi tidak langsung yaitu dengan penyebaran angket atau kuesioner yang tersusun. Kuesioner tersebut berupa pertanyaan tertutup yang diberikan kepada responden secara langsung dengan menggunakan skala likert yang terdiri dari 42 butir pernyataan yang  telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Teknik  analisis dengan uji  regresi  linear  sederhana serta koefisien determinasi dengan bantuan program SPSS versi 16.00.     

Berdasarkan penelitian yang  telah dilakukan maka didapatkan hasil: (1) Marketing Mix berada pada kategori kurang baik (40,9%), (2) Keputusan pembelian berada pada kategori baik (60,2%), (3) Hasil uji hipotesis regresi linear sederhana  diperoleh F hitung 70.356 dengan sig. 0,00 < 0,05 maka variabel marketing mix dapat menjelaskan  keputusan pembelian secara signifikan, dengan R Square sebesar 0,423 yang mana terdapat pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian sebesar 42%. Selanjutnya koefisien regresi sebesar 1.925 pada taraf signifikan 0.00<0.05 artinya setiap peningkatan sebesar 1 satuan marketing mix akan meningkatkan 0.502 satuan keputusan pembelian. 


Keywords

Marketing Mix; Keputusan Pembelian

References

Assauri, S. (2004). Manajemen Pemasaran. Edisi II. Rajawali Press. Jakarta.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2004). Prinsip-prinsip Marketing. Edisi Ketujuh, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Marsum, W. A. (2005). Restaurant dan segala Permasalahannya. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Miranti, Y., & Yuliana, Y. (2020). Pengaruh Pengaruh Fasilitas Kamar Terhadap Kepuasan Tamu Menginap Di Hotel Pangeran Beach Padang. Jurnal Pendidikan dan keluarga, 12(01), 42–52.

Putri, W. N. A. (2018). Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Kamar Di Grand Royal Denai Hotel Bukitinggi. Jurnal Pendidikan dan Keluarga. Vol 10(1), 116–128.

Swastha, B., & Irawan, D. H. (2003). Manajemen Pemasaran Modern, edisi kedua. Yogyakarta: Liberty


Full Text: Download PDF

DOI: 10.24036/jptbt.v1i2.35
10.24036/jptbt.v1i2.35

Article Metrics

Abstract View : 416 times
Download PDF : 137 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Krisna Dipangga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.